10 Tanaman Herbal untuk Obat Mata

Obat Mata

10 Tanaman Herbal untuk Obat Mata

Mata adalah salah satu alat vital untuk manusia. Bisa dibayangkan apa yang terjadi bila seseorang mengalami gangguan pada matanya. Pasti segala sesuatu aktivitas akan terganggu jika mata mengalami masalah. Maka dari sekarang harus menjaga mata anda sebelum rusak dengan mengkonsumsi sayur sayuran dan buah buahan yang mengandung vitamin A.

Gangguan Mata terjadi karena beberap hal, yakni mata terlalu lelah, kurang tidur, virus maupun infeksi oleh bakteri. Gangguna mata juga bisa terjadi karena oleh faktor genetik atau keturunan. Ada beberapa jenis gangguan kesehatan pada organ mata antara lain, mata merah, mata minus, katarak, radang mata, mata bengkak atau mata berair. Maka itu banyak tanaman yang bisa menyembuhkan mata dengan tanaman atau tumbuhan yang memiliki khasiat untuk mengobati sakit mata. Dan dari beberapanya sudah terbukti khasiatnya. Salah satunya tanaman herbal yang paling populer untuk mengobati gangguan pada mata adalah daun sirih. Sejak dahulu daun sirih sudah dikenal manfaatnya sebagai obat herbal termasuk mengatasi masalah pada mata. Namun selain dari daun sirih masih banyak tanaman herbal yang memiliki khasiat sebagai obat mata. Tanaman apa saja itu????

Berikut ini adalah 10 tanaman atau tumbuhan obat herbal mata :

1. Daun Sendok
Daun sendok atau dikenal juga dengan nama daun kiurat merupakan tanaman herbal yang berkhasiat untuk mengatasi gangguan pada mata. Daun sendok kaya kan vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium dan kalsium. Selain itu daun sendok juga memiliki manfaat untuk menyehatkan hati, meningkatkan fungsi ginjal dan menambah stamina. Untuk memanfaatkan daun sendok sebagai obat mata cukup dengan meminum air rebusan daun tersebut. Caranya dengan merebus segenggam daun sendok segar dengan 4 gelas air bersih. Rebus daun tersebut sampai mendidih hingga air rebusan hanya tersisa 2 gelas. Setelah dingin kemudian disaring, tambahkan 1 sendok madu untuk 1 gelas air rebusan. Minumlah secara teratur 3 kali dalam sehari.

2. Buah Mengkudu / Pace
Buah mengkudu atau pace memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengobati gangguan pada mata. 2 buah mengkudu yang telah matang diparut atau dilumatkan. Tambahkan 1 gelas tuak aren, kemudian campur hingga rata. Peras dan saring ramuan tersebut untuk mengambil airnya. Minum secara teratur 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

3. Daun Pegagan
Daun pegagan mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk kesehatan. aun pegagan diketahui memiliki kemampuan untuk memperbaiki dan merevitalisasi pembuluh darah dan sel-sel syaraf mata yang rusak. Daun pegagan juga berkhasiat menyembuhkan mata bengkak. Daun pegagan bisa dikonsumsi sebagai lalapan atau sayuran. Untuk mengobati mata bengkak daun pegagan dilumatkan terlebih dahulu. Kemudian diperas untuk mengambil airnya. Air hasil perasan daun pegagan tersebut digunakan dengan cara meneteskan kemata. Hati-hati menggunakannya, lebih baik berkonsultasilah terlebih dahulu dengan ahlinya.

4. Daun Melati
Daun melati diketahui dapat digunakan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan gangguan kesehatan pada mata, terutama mata minus. Caranya cukup mudah, satu genggam daun melati segar ditumbuk hingga halus. Kemudian ditempelkan pada dahi (sekitar area mata). Jika daun melati mengering segera ganti dengan yang baru. Lakukan secara rutin selama proses penyembuhan.

5. Daun Sirih
Daun sirih adalah tanaman herbal yang paling populer sebagai obat mata. Saking populernya hampir tidak ada masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui khasiat daun sirih. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan cara merebus 5 lembar daun sirih kemudian setelah dingin teteskan ke mata anda. Atau dengan cara meletakkan air rebusan daun sirih ke dalam baskom, kemudian masukkan muka kedalam baskom dengan mata terbuka.

6. Rumput Mutiara
Rumput mutiara diketahui berkhasiat untuk membersihkan pembuluh darah dari kotoran yang menyumbat. Jika pembuluh darah bersih dan aliran darah pada area mata lancar, mata akan menjadi sehat dan tidak mudah lelah. Cara mengkonsumsi rumput mutiara sebagai obat mata adalah dengan meminum air rebusannya. Caranya dengan merebus 30 gram rumput mutiara dengan 4 gelas air bersih. Rebus sampai mendidih hingga air rebusan tersisa 2 gelas. Minum ir rebusan tersebut 3 kali sehari masing-masing 2 gelas.

7. Tanaman Keben
Keben dalam bahasa latin memiliki nama sebagai Barringtonia asiatica Kurz. Tanaman ini merupakan tanaman herbal asli Papua, masyarakat Papua menyebutnya dengan nama rabon pi keben. Masyarakat Papua menggunakan tanaman keben sebagai obat mata. Bagian tanaman yang digunakan untuk obat mata adalah buah dan bijinya.

8. Ki Tolod
Tanaman ki tolod diketahui memiliki khasiat dalam menyembuhkan gangguan pada mata seperti rabun, mata minus/plus, dan katarak. Baagian tanaman ki tolod yang berkhasiat sebagai obat mata adalah bunganya. Ki tolod (Isotoma ongiflora atau Laurentina Longifora) mengandung senyawa alkaloid, yaitu lobelin, lobelamin dan isotomin. Daun kitolod mengandung alkaloid, saponin, flavanoid, dan polifenol. Getah tanaman ki tolod mengandung racun, akan tetapi ki tolod juga berkhasiat sebagai anti radang, anti kanker, menghilangkan rasa nyeri dan dapat menghentikan pendarahan.

9. Daun Dewa
Daun dewa selain berkhasiat menurunkan kolesterol juga bermanfaat dalam mengobati gangguan pada mata. Daun dewa diketahui mampu mengatasi pembekuan darah dan melancarkan aliran darah. Untuk memperlancar aliran darah pada mata adalah dengan cara meminum air rebusan daun dewa. Caranya dengan merebus 5 lembar daun dewa dan 25 gram umbi daun dewa. Rebus dengan 4 gelas air bersih hingga mendidih, rebus hingga tersisa 1,5 gelas. Minum air rebusan tersebut 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.

10. Tanaman Jengger Ayam (Boroco)
Seluruh bagian tanaman jengger ayam atau boroco bermanfaat untuk mengobati peradangan pada mata. Selain mengobati radang pada mata, tanaman jengger ayam juga berkhasiat mengobati hipertensi. Orang padang menyebut tanaman ini dengan nama bayam buludu, di Bali dikenal dengan sebutan janggar siap. Sedangkan orang sunda menyebut dengan nama jawer hayam. Untuk mengobati infeksi mata bagian dalam : 20 gram daun boroco dan 20 gram biji boroco direbus dengan air bersih secukupnya. Setelah dingin gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci mata. Hati-hati menggunakannya, silahkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.