Penyakit Maag

maag

maag

Penyakit Maag

Penyakit Maag atau juga yang biasa lebih dikenal dengan Gastritis merupakan suatu keadaan kesehatan dimana terjadi pembengkalan, Peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. Penyakit maag biasanya akan menyerang secara tiba tiba dan akan juga berhenti kesakitan secara tiba tiba, namun ada saatnya juga merupakan bagian penyakit kesehatan yang serius dan berlangsung cukup lama. Banyak orang yang menganggap penyakit maag adlaah penyakit yang ringan dan tidak perlu dikhawatirkan.

Pengobatan Penyakit Maag
Dalam menjalanin pengobatan penyakit maag bisa dilakukan dengan cara meninggalkan kebiasaan hidup yangburuk dan meulai hidup yang sehat, pengobatan kesehatan modern dan juga pengobatan alternatif atau tradisional.

Penyakit Maag Terbagi dalam 2 macam Penyakit yaitu :

1. Maag Kronis
penyakit maag Kronis terjadi karena beberapa kondisi kesehatan yang tidak baik. Yang sering sekali terjadi dan kerap ditemui adalah peradangan pada lambung muncul akibat dari bakteri Helicobacter pylori. Bakteri yang juga dikenal sebagai bakteri yang bisa memicu borok pada lambung. Penyakit maag yang disebabkan bakterii disebut sebagai Maag Kronis. Perlu anda ketahui, infeksi yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori bisa sangat membahayakan. Pengobatan penyakit maag kronis tidak bisa dianggap sepele sama sekali karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker lambung.

2. Maag Akut
Selain penyakit maag kronis, penyakit maag akut juga merupakan penyakit yang paling banyak di dapati. Penyebab penyakit maag akut terjadi kerena disebabkan oleh faktor stress, pemakaian zat-zat kimia tertentu, konsumsi minuman keras, serta kebiasaan menyantap makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam. Ketika seseorang mengalami stres, akan muncul perangsangan saraf simpatis NV atau nervus vagus, yang serta akan meningkatkan produksi asam klorida (HCI) di dalam lambung. Naiknya produksi asam klorida di dalam lubang akan menyebabkan rasa mual, muntah-muntah dan juga anoreksia. Namun, penyakit maag akut bisa diobati dengan cara merubah gaya hidup sehat dan menjadi lebih baik.

Berikut gejala-gejala yang terdapat pada penderita penyakit maag, diantaranya :

1. Rasa nyeri di perut dan perut terasa seperti terbakar

2. Perut terasa kembung dan selalu terus bersendawa

3. Terasa mual dan ingin muntah

4. Kurangnya nafsu makan

5. Selalu cegukan

6. Diare

Penyembuhan penyakit maag dapat dilakukan dengan menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung dan mengurangi rasa sakit akibat iritasu selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*