Manfaat Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

khasiat-buah

Manfaat Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

Ciplukan (Physialis Angulata) adalah tanaman perdu semusim yang memiliki buah berbentuk bulat dan tertutupi kelopak, sekilas mirip pohon cabe dan biasanya tumbuh liar diberbagai tempat. Dikalangan petani, ciplukan adalah gulma dan musuh tanaman. Pohon ciplukan yang tumbuh di area lahan pertanian disukai berbagai jenis hama sebagai inang. Karena itu pohon ciplukan sering diabaikan dan dimusnahkan begitu saja. Padahal tanaman ini merupakan tanaman herbal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di Indonesia, ciplukan memiliki berbagai sebutan daerah seperti kopok-kopokan, cecendet, nyurnyuran atau cecenet.

Ciplukan merupakan tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan berbagai macam masalah kesehatan. Tanaman ini mengandung berbagai macam senyawa alami yang sangat berguna bagi kesehatan. Kandungan pada ciplukan diantaranya ; glukosa, tanin, vitamin C, asam citrun, fisalin, alkaloid, chlorogenik acid, fisalin, asam malat, dan kriptoxantin. Tanaman ciplukan bersifat analgetik dan dapat menyembuhkan beberapa macam jenis penyakit. Tanaman ciplukan juga berperan sebagai anti inflamasi, anti bakteri dan antioksidan. Seluruh bagian tanaman ciplukan memiliki manfaat, mulai dari akar, daun dan buah.
Buah ciplukan, bermanfaat untuk mengobati epilepsi, sariawan, sakit tenggorokan, sakit gusi dan penyakit paru-paru

Tanaman ciplukan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya adalah batuk, rheumatik, bisul, influenza, diabetes dan sebagainya. Berikut ini adalah berbagai manfaat akar, daun dan buah ciplukan :

1. Akar Ciplukan
Akar ciplukan bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes melitus

2. Daun Ciplukan
– Melawan sel kanker
– Mengobati bisul
– Mengobati borok/korengan

3. Buah Ciplukan
– Mengobati ayan / epilepsi
– Mengobati penyakit paru-paru
– Mengobati sakit tenggorokan
– Mengobati sariawan
– Mengobati gusi berdarah

4. Seluruh Bagian Tanaman
– Mengatasi tekanan darah tinggi
– Mengatasi rheumatik
– Mengobati influenza
– Mengobati penyakit bronkitis
– Mengobati batuk rejan
– Mengobati pembengkakan pada buah zakar pria
– Mengobati penyakit gondongan

Cara Mengkonsumsi Ciplukan Sebagai Obat

a. Bagian tumbuhan yang ingin dijadikan obat direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan diminum setelah dingin.
b. Buah ciplukan bisa dikonsumsi langsung, seperti mengkonsumsi buah pada umumnya.
c. Untuk obat luar, daun ciplukan 20 gr, adas pulasari 1 sdm, garam secukupnya ditumbuk hingga halus. Tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.
d. Menyeduh seperti teh, seluruh bagian tanaman dijemur hingga kering kemudian diseduh dengan air mendidih. Setelah dingin (hangat kuku) diminum 2 kali sehari.
Air rebusan ciplukan sebaiknya segera diminum setelah dingin. Kandungan yang ada pada tanaman ciplukan akan rusak jika air rebusan sudah lebih dari 12 jam. Semoga bermanfaat…

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.